Monday, May 15, 2017

AHOK YANG TETAP DIBENCI


Bagi lawan politik, Ahok tetaplah lawan yang berbahaya meski kalah Pilkada dan masuk penjara. Bagi mereka yang benci, Ahok tetaplah pendosa, antek asing, kafir, dan harus dibenci bagaimana pun kondisinya.

Situasi ini membuat segala gerak gerik terkait Ahok akan dianggap busuk dan munafik. Gerakan Teman Ahok yang mengumpulkan 1 juta KTP dukungan jauh sebelum Pilkada di gelar, dituduh dapat dana dari sumber yang tidak bersih. Sampai sekarang tidak terbukti.

Semakin hari tuduhan tersebut semakin sulit diterima nalar. Bukan hanya gerakan simpati pada Ahok, bahkan yang menyerang Ahok pun dituduh rekayasa Ahok. Isu SARA yang semakin hari semakin mengkhawatirkan adalah ulah tim Ahok. Spanduk ajakan menolak untuk mengurusi jenazah umat Islam pendukung Ahok adalah ulah tim Ahok. Pengusiran Djarot dari masjid adalah ulah tim Ahok.



Setelah Ahok kalah Pilkada, lebih dari 5000 karangan bunga dari masyarakat memenuhi Balai Kota Jakarta sebagai bentuk dukungan moril untuk Ahok. Itu pun dituduh dibayar oleh Ahok. Demo buruh pada peringatan May Day yang membakar karangan bunga untuk Ahok juga dituding ulah tim Ahok.

Lantas berapa uang yang harus Ahok hamburkan untuk itu semua? Bahkan sampai ia kalah, ia harus menghamburkan uang untuk menyerang dirinya sendiri.


Kini Ahok divonis 2 tahun penjara.
Apa dukungan untuk Ahok berhenti?

Coba simak ini:

Senin, 8 Mei 2017 Sehari sebelum vonis

Sebanyak 2.350 balon berwarna merah putih, memenuhi halaman Balaikota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Dukungan datang kepada Gubernur DKI Jakarta Ahok, yang esok akan menjalani sidang putusan vonis.

Pada Senin malam, ratusan orang berkumpul di halaman Balaikota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.  Mereka mengikuti kegiatan bertajuk "Doa Bersama untuk NKRI" yang digagas oleh komunitas Silent Majority Forum.

Selasa, 9 Mei 2017 Ahok divonis 2 tahun penjara

Ribuan warga berkumpul di depan Rutan Cipinang sebagai tanda keprihatinan dan dukungan moril untuk Ahok yang langsung digiring ke penjara dari ruang sidang.

Sejumlah artis dan tokoh mengeluarkan ungkapan keprihatinan lewat media sosial.



Rabu, 10 Mei 2017

Konduktor Addie MS secara spontan mengundangan warga lewat akun media sosialnya untuk menyanyikan lagu perjuangan di Balaikota Jakarta. Tak disangka undangan itu ditanggapi oleh ribuan warga. Ada yang bahkan berasal dari luar Jakarta. Acara ini berlangsung dari pukul 6 hingga 8 pagi, Rabu, 10 Mei 2017.

Ribuan massa yang menamakan diri Aliansi Merawat Pancasila untuk Indonesia (MERAPI) dan sejumlah elemen masyarakat menggelar aksi solidaritas dengan menyalakan lilin bersama-sama di Tugu Pal Putih Yogyakarta, Rabu malam, 10 Mei 2017.

Seratusan warga menggelar aksi simpatik berupa membakar 1.000 lilin untuk Basuki Tjahja Purnama alias Ahok, di Taman Imbi, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Rabu (10/5/2017) malam.

Aksi 1.000 lilin untuk Ahok di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT) akan digelar selama tujuh hari mulai Rabu (10/5/2017) hingga Rabu (17/5/2017) mendatang.

Kamis, 11 Mei 2017

Ribuan orang juga mengikuti aksi solidaritas yang bertajuk "1.000 Lilin untuk Keadilan" di Lapangan Niti Mandala, Denpasar, sebagai bentuk dukungan untuk Ahok. Massa mengusung tulisan "Bali Bersamamu #Save Ahok".

Ribuan warga Samarinda, Kalimantan Timur menggelar aksi damai menjaga persatuan NKRI dengan menyalakan ribuan lilin di Taman Samarendah.

Warga Kota Manokwari, Papua Barat, menggelar aksi 1.000 lilin untuk Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Aksi ini dilakukan di beberapa titik, seperti di Lapangan Borasi dan di sepanjang Jalan Merdeka.

Aksi menyalakan 1.000 lilin yang sedianya digelar di Lapangan Merdeka Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (11/5/2017) malam, batal dilaksanakan dengan alasan keamanan.

Jum’at, 12 Mei 2017

Warga Kota Surabaya berkumpul di kawasan Tugu Pahlawan untuk menyalakan lilin Jumat malam, 12 Mei 2017. Ribuan warga berdatangan di kawasan Tugu Pahlawan, tepatnya di depan kantor Gubernur Jawa Timur. Ruas Jalan Pahlawan ditutup oleh polisi karena telah dipenuhi massa.

Massa pendukung Ahok menggelar unjuk rasa di depan Pengadilan Tinggi Jakarta, Jumat, 12 Mei 2017.

Solidaritas Jaga Papua menggelar aksi lanjutan berjudul “Aksi Damai Anti-Diskriminasi”. Acara berlangsung di Jalan Yos Sudarso Sanggeng pukul 18.00 WIT sampai selesai.

Aksi solidaritas mendukung Ahok berlangsung di Balikpapan, Kalimantan Timur. Sekitar 2.000 warga Kota Minyak berkumpul di Lapangan Merdeka dan memadati Jalan Jenderal Soedirman pada Jumat malam.

Warga Mamasa, Sulawesi Barat, berkumpul di lapangan sepak bola untuk menyatakan keprihatinan atas penahanan Ahok, Jumat malam.

Ribuan warga Pematangsiantar tumpah ruah di bundaran Taman Makan Pahlawan, Jalan Sangnaualuh, Pematangsiantar, Jumat malam. Mereka membawa dan menyalakan lilin dukungan terhadap Ahok.

Aksi simpati dengan judul "Candlelight Vigil, Justice For Ahok" digelar Warga Negara Indonesia di alun-alun Nathan Philips, Toronto, Provinsi Ontario, Kanada pukul 21.00 waktu setempat. Panitia mewajibkan peserta untuk memakai busana warna hitam.



Warga Negara Indonesia yang bermukim di kota Groningen, Belanda melakukan aksi solidaritas untuk Ahok.


Sabtu, 13 Mei 2017

Solidaritas pengumpulan 2.000 KTP dan menyalakan 1.000 lilin untuk Gubernur DKI Jakarta nonaktif Ahok di Pekanbaru batal dilaksanakan lantaran dihalang-halangi sekelompok massa yang mengatasnamankan Pemuda Madani Cinta Kebersihan Pekanbaru.

Sekitar seribu orang di Kota Ambon menyalakan lilin sebagai bentuk dukungan kepada Ahok. Aksi 1,000 lilin ini berlangsung di tribun lapangan Merdeka, Kota Ambon, Sabtu malam.

Ratusan warga Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) rela antri di Jalan El Tari Kota Kupang untuk mendaftarkan diri sebagai jaminan untuk penangguhan penahanan bagi Ahok. Mereka mengumpulkan fotocopy KTP.

Puluhan orang berartribut FPI membubarkan paksa aksi 1.000 lilin solidaritas untuk Ahok, di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sabtu malam.

Aksi simpati untuk Ahok digelar di Taman Sir James Mitchell, Ranelagh Cress, Perth Selatan, negara bagian Australia Barat. Dalam poster kegiatan itu tertulis "Calling to All WNI, For Unity". Tertulis pula "Pak Ahok, You'll Never Walk Alone!".

Mahasiswa asal Indonesia di Kota Leicester, Inggris, menggelar aksi solidaritas untuk Ahok. Leicester merupakan kota dengan tingkat keberagaman paling tinggi di Inggris, the most diverse city dan memiliki slogan fearless (kota tanpa rasa takut). Massa aksi berharap Indonesia juga menjadi Negara tanpa rasa takut.

WNI di Vancouver, Kanada menggelar aksi simpati bertajuk "Vancouver Pray For Indonesia, Solidarity with Ahok" di Vancouver Art Gallery, Robson Side. Panitia mewajibkan peserta untuk membawa lilin, dan busana warna merah atau hitam dan putih.

Dengan berpakaian serba hitam, tak kurang dari 350-an warga Indonesia memadati areal di Museumplein, Amsterdam, Belanda pada Sabtu malam. Semula, aksi damai warga Indonesia di Amsterdam akan digelar di Dam-Rak, namun, Wali Kota Amsterdam Eberhard Van der Laan yang menaruh perhatian terhadap aksi ini memberikan tempat yang lebih luas di Museumplein.

WNI di Los Angeles, Amerika Serikat menggelar aksi simpati dengan judul "Malam Keprihatinan Peradilan Indonesia" pukul 17.00 waktu setempat. Panitia mewajibkan peserta untuk membawa lilin tanda keprihatinan. Aksi serupa juga berlangsung di Washington DC, San Francisco, Seattle, Chicago, dan New York.

Minggu, 14 Mei 2017

Dari Sydney, Australia digelar aksi simpati bertajuk "You'll Never Walk Alone, Justice For Ahok" di Taman Botani, Rumah Opera Sydney mulai pukul 16.00 waktu setempat hingga selesai.

Di Taipei Main Station East3 Taiwan digelar aksi bertajuk "Malam Solidaritas Matinya Keadilan". Dalam poster undangannya tercantum #Taiwan4Ahok, We Stand For Unity. Aksi yang akan digelar pada pukul 18 waktu setempat itu, , dan mewajibkan siapa pun yang hadir mengenakan busana merah dan putih.

Warga Negara Indonesia kembali menggelar aksi solidaritas untuk Ahok di dua kota di Belanda, yakni Den Haag dan Utrecht. Belanda adalah salah satu Negara yang sangat menyayangkan putusan hakim kepada Ahok.

Puluhan Warga Negara Indonesia di Paris Prancis juga ikut menggelar aksi dukungan terhadap Ahok di Menara Eifel pada hari Minggu.

Sampai 14 Mei 2017 sudah tercatat puluhan daerah di Indonesia dan 19 kota dibeberapa Negara yang mengadakan aksi solidaritas untuk Ahok.


Baca Juga: Anomaly Ahok

Sejumlah artis papan atas juga bertemu Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat dan menyatakan siap bergabung dalam, Konser Kebangkitan Nasional di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Kalijodo pada 21 Mei 2017. Artis dan musisi yang hadir, di antaranya Maia Estianti, Once, composer Addie MS, composer Erwin Gutawa, dan Cut Deviana.

Pertanyaannya. Sebesar apa dana yang disediakan Ahok untuk menggerakkan semua aksi ini?

AHOK.
Apapun yang anda lakukan dan apapun gerak pendukung anda. Bagi mereka anda akan tetap dibenci. Angkat dulu gelas kopinya pak, sebab bekerja untuk negeri ini memang tidak mudah.

___
Palu, 15 Mei 2017
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment