Thursday, January 11, 2018

TAHUN 2018: SAATNYA MENJAGA KEWARASAN




Masih ingat 2014 kemarin?

Itulah tahun pertarungan politik paling panas sejak pemilihan langsung presiden sepuluh tahun sebelumnya. Bahkan suhu panas sudah berlangsung sejak 2013. Saling serang antar kedua pendukung yang head to head tak terhindarkan. Amunisi terlarang pun keluar: isu SARA yang dibungkus HOAX.

Sudah SARA, HOAX pula.

Atas nama KEKUASAAN, masa depan keutuhan bangsa, sadar atau tidak, sedang dipertaruhkan saat itu. Isu ini sangat sensitif dan bisa memicu konflik berkepanjangan yang sulit untuk diredupkan, olehnya isu SARA menjadi senjata terlarang dalam demokrasi seperti di Indonesia.

Sekarang kita memasuki tahun politik 2018. Selain Pilkada serentak, tahun 2019 mendatang untuk pertama kalinya juga akan berlangsung Pileg dan Pilpres secara serentak.

Ini akan jadi tahun politik yang panas, lebih panas dan lebih mengkhawatirkan dibanding 5 tahun lalu. Tanda-tandanya sudah mulai terlihat dari rentetan kejadian dan kemunculan isu hangat di media sosial dan di warung-warung kopi belakangan ini.

Isu-isu seperti:
Anti Islam
Ulama Terzalimi
PKI
Aseng (China)

Hampir dipastikan akan jadi isu utama yang mengemuka dan lebih massif lagi diperbincangkan ditahun politik ini. Bagi mereka yang memiliki kepentingan politik, Isu ini sengaja ditumbuh-kembangkan serta dirawat jauh-jauh hari agar bisa dituai hasilnya menjelang Pemilu 2019 nanti.

Selain isu tersebut, akan banyak isu pendukung lainnya seperti Utang Negara,LGBT, dan isu-isu lain yang dikelolah sedemikian rupa untuk diarahkan kesatu titik yakni lawan politik.


Dengan kondisi ini, saya hanya mau mengingatkan, jika tidak berhati-hati konflik besar bisa pecah kapan saja. Keutuhan bangsa ini sangat mahal jika hanya ditukar dengan nafsu kuasa.

Di awal tahun ini saya berharap kepada semua agar TETAP WARAS. Siapapun calon anda, apa pun partai anda, tetaplah WARAS.

Jelilah melihat sesuatu.

Karena sekali bangsa ini tercerai berai oleh SARA, butuh waktu berpuluh tahun untuk sembuh.

Selamat Datang 2018...
Saatnya kita waras dan was-was.
____
Palu, 11 Januari 2018
Gambar/Video dari sini dan sini
Comments
0 Comments